PPI MUNICH
PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA di MUNICH                                                                          

Tautan Eksternal: http://www.planetware.com/tourist-attractions-/munich-d-ba-mun.htm

Tautan Eksternal 2: https://goo.gl/bd17zD

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seni dalam U-Bahnhof

 Oleh: Runi Rachmalina Utari

Topik utama dalam tulisan saya kali ini lebih kepada U-Bahnhof dan keindahannya. Pembangunan U-Bahnhof adalah hasil kerja sama antara insinyur, ilmuwan, pemberi modal, pekerja dan masih banyak pihak yang langsung tidak langsung terlibat. Arsitektur yang mengikuti keutamaan pembangunan sebuah stasiun dengan tingkat efisiensi dan keamanan. Contohnya cat untuk tembok sebaiknya yang mudah dibersihkan namun tahan gesekan, di dalam buku U-Bahn Architektur In München, Jerman memiliki standar cat tersendiri yang mengikuti standar pencahayaan yang juga ada standarnya.

 

U-Bahnhof pertama yang menurut saya menarik adalah:

 

1. Schwanthalerhöhen

U-Bahnhof yang dilewati oleh U-Bahn 4 dan U-Bahn 5 dibuka untuk umum pada 10 Maret 1984. Desain tembok pada U-Bahnhof disesuaikan dengan "Messegelände" tahun 1998. Jika melewati U-Bahnhof ini pengguna U-Bahn akan diperlihatkan desain berbagai bendera negara-negara juga bayangan orang-orang seperti sedang menunggu U-Bahn maupun melakukan berbagai aktifitas. Perancangnya adalah seorang arsitek bernama Großkopf dan Schnetzer. Messegelände sendiri adalah pusat Eksibisi di Munich yang adalah salah satu seri dari 20 bangunan utama di Munich yang digunakan untuk berbagai acara Internasional.

 

 

 

2. Georg-Brauchle-Ring

Nama U-Bahnhof yang diambil mengikuti Walikota ke-2 Munich, Georg Brauchle katanya ketika pembukaan dinobatkan sebagai U-Bahnhof tercantik se-Munich. Pembukaannya pun tergolong baru, yaitu 18 Oktober 2003. Perancang utamanya Burkhard Schäffer tapi yang melukis semua kesenian di dinding orang lain, yaitu seniman Franz Ackermann. Tema karya seni pada dinding U-bahnhof adalah "Die Große Reise" artinya perjalanan yang megah atau besar. Sesuai dengan tema, gambar-gambar yang ada pada dinding U-Bahnhof terdiri dari berbagai tempat di dunia, bahkan ada Candi Borobudur dari Indonesia, mungkin jika diperhatikan lagi lebih seksama ada tempat lain lagi dari Indonesia. Di sini juga seru untuk bermain tebak tempat melalui gambar-gambar yang ada di dinding U-Bahnhof. Kalau mau ke sini gunakan U-Bahn 1.

 

 

 

3. Olympia-Einkaufszentrum 

Entah kenapa saya merasa jalur U-Bahn 1 adalah jalur yang paling banyak memiliki U-Bahnhof "nyeni", selain Georg-Brauchle-Ring satu stasiun di dekatnya ada Olympia-Einkaufszentrum dengan desain modern sophisticated. U-Bahnhof yang dihebohkan dengan insiden penembakan Juli kemarin berdesain Pyramidenförmigen yang akan memantulkan cahaya indah. Seniman yang merancang instalasi adalah Olaf Metzel dengan nama "Erst rechts, dann links, dann immer geradeaus" (yang belajar bahasa Jerman pasti langsung inget bab nanya jalan). Jika datang ke U-Bahnhof ini "baru" nya memang terasa, sangat tahun 2000an dan memang baru dibuka untuk umum 28 Okt 2007.

 

 

 

4. Theresienwiese

Stasiun utama jika ingin mengunjungi Oktoberfest! Yap desain U-Bahnhof nya pun menyesuaiakan dengan acara tahunan paling ditunggu dan terkenal dari Munich: Oktoberfest. Pelukis dari instalasi temboknya adalah Ricarda Dietz. Warna U-Bahnhof campuran antara gelap dan kuning adalah "warna" Munich agar pengguna U-Bahn langsung teringat gentong bir dan tenda bir.

 

 

 

5. Königsplatz

 Last but not least adalah Königsplatz, salah satu U-Bahnhof yang paling sering saya lewati dan memang "nyeni". Di sini bahkan terdapat pameran patung kecil yang sengaja dibuat untuk menarik pengguna U-Bahn agar datang ke Museum dan Galeri di Munich terutama 3 Museum Pinakotek. U-Bahnhof ini dibuka 18 Oktober 1980, diberi nama Königsplatz untuk mengingatkan pengguna pada Raja Bayern. Walaupun instalasi yang ada di U-Bahnhof hanya replika, penjelasan yang dicantumkan cukup menarik, salah satunya adalah figur Tentara Yunani yang sedang bertempur melawan suku Turk diibaratkan seperti seorang ibu yang melindungi anaknya.

 

Selain dari U-Bahnhof yang disebutkan di atas saya juga tertarik dengan instalasi semacam pameran sejarah di Gern. Beberapa U-Bahnhof di bawah ini juga memiliki instalasi unik dan indah:

Teman-teman yang bermukim di Munich dan punya banyak waktu luang mungkin bisa berkunjung, atau secara kebetulan melewati U-Bahnhof tersebut bisa diperhatikan lebih seksama desain arsitektur seni yang disematkan. 

 

 

Daftar Pustaka:

Die Münchner U-Bahn Gesichchte - Streckennetz - Fahrzeuge

Wolfgang Pischek & Holger Junghard, Gera Mond 2012

 

Münchner Schienennahverkehr Tram. S-Bahn. U-Bahn. O-Bus

Peter Schriicker, Gera Mond 2005

 

U-Bahn Architektur In München

Christoph Hackelsberger, Prestel 1997


http://www.muenchnerubahn.de/